Today Weather

Google Doodle Memperingati Hari Bumi

Tanggal 22 April 2012 lebih dari satu miliar penduduk bumi berpartisipasi dalam Hari Bumi 2012. Berbagai bangsa dan latar belakang akan menyuarakan aspirasi dan aksi mereka tentang masa depan planet ini. Tak ketinggalan Google melalui desain kreatifnya Google Doodle menampikan sebuah gambar animasi yang menunjukan proses mekarnya beberapa bunga berwana. Bunga-bunga tersebut membentuk masing-masing hurup dari Google.

Bagi banyak orang Hari Bumi adalah hari awal setiap tahunnya yang diadakan di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap lingkungan alam dari bumi .

Hari Bumi saat ini dikoordinasikan secara global oleh Jaringan Hari Bumi dan dirayakan di lebih dari 175 negara setiap tahun. Pada tahun 2009, PBB menetakan tanggal 22 April sebagai Hari Bumi Internasional. Hari Bumi direncanakan setiap tanggal 22 April setiapp tahunnya dan setidaknya akan dirayakan sampai tahun 2015.

Nama dan konsep Hari Bumi dipelopori oleh John McConnell pada tahun 1969 di konfrensi UNESCO di San Francisco. Hari Bumi pertama kali diamati pada tanggal 21 Maret 1970 dimana tepat pada hari pertama musim semi di belahan bumi utara. Tanggal tersebut kemudian disetujui dan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PBB, U Thant. Selanjutnya mengenai Hari Bumi secara terpisah dimotori oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson pada tanggal 22 April 1970 “Environmental Teach-in”. Pada saat itu tanggal 22 April Hari Bumi hanya difokuskan di Amerika Serikat melalui sebuah organisasi yang didirikan oleh Denis Hayes, yang menjadi koordinator nasional pada tahun 1970. Peringatan ini kemudian menjadi peristiwa internasional pada tahun 1990 dan diselenggarakan di 141 negara. Banyak masyarakat merayakan sebagai Erath Week, dimana dalam satu minggu kegiatan difokuskan pada isu lingkungan.

Asal-usul Hari Bumi yang dipelopori oleh Gaylord Nelson, Senator AS dari Wisconsin, dimulai setelah ia menyaksikan kerusakan akibat tumpahan minyak besar-besaran 1969 di Santa Barbara, California. Terinspirasi oleh gerakan anti-perang oleh mahasiswa, ia menyerukan untuk “Environmental Teach-in”, atau Hari Bumi, yang akan diadakan pada tanggal 22 April 1970. Lebih dari 20 juta orang berpartisipasi tahun itu. Sejak itu Hari Bumi dirayakan setiap tanggal 22 April setiap tahunnya oleh lebih dari 500 juta orang dan beberapa pemerintah di 175 negara.

Nelson memilih tanggal untuk memaksimalkan partisipasi di kampus-kampus untuk apa yang dipahami sebagai sebuah “Environmental Teach-in”. Dia menentukan satu minggu pada 19 hingga 25 April sebagai pilihan terbaik karena tidak jatuh bersamaan dengan ujian atau liburan musim semi. Selain itu, hal itu tidak bertentangan dengan hari besar keagamaan seperti ’Easter‘ atau ‘Passover’. Pilihan seminggu tersebut memiliki keadaan cuaca yang cukup layak di musim semi sehingga siswa lebih dimungkinkan berada di kelas. Dengan pertimbangan beberapa peristiwa atau kegiatan lain yang terdapat pada minggu tersebut atau paling tidak pada pertengahan minggu agar menjadi perhatian siswa, maka ia memilih hari Rabu, 22 April.

Peristiwa tanggal 22 April ternyata tidak disadari oleh Nelson, kebetulan tanggal 22 April 1970 adalah merupakan ulang tahun ke-100 kelahiran Vladimir Lenin . Oleh karena itu, dia sempat dicurigai dan dituduh melakukan “trik Komunis”. Tanpa disadri Nelson juga, Di Nebraska , Arbor Day juga jatuh pada 22 April, yaitu sebagai hari ulang tahun Julius Sterling Morton , pendiri gerakan liburan untuk penanaman pohon nasional yang dimulai pada tahun 1872, yang telah menjadi hari libur resmi di negara sejak 1885.

Apapun peristiwa yang melatarbelakangi tanggal 22 April, yang pasti tanggal tersebut kini menjadi peristiwa penting bagi seluruh penduduk bumi sebagai hari Bumi

Sumber : Wikipedia.org